Tips Memilih Aplikasi Pembelajaran Online

Rabu, 09 Juni 2021

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa mendapatkan pendidikan yang terbaik adalah hak terpenting bagi masyarakat di seluruh dunia. Semua institusi pendidikan ingin memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak didiknya agar dapat lulus dan menjadi penerus bangsa ini. Namun apa yang harus dilakukan suatu lembaga pendidikan apabila suatu saat sistem pendidikan lumpuh akibat faktor-faktor yang tidak diharapkan? Apakah anak didik dibiarkan saja untuk tidak mendapatkan hak pendidikannya?

Seperti musibah Pandemi Covid-19 ini yang sedang menguji seluruh masyarakat di muka bumi ini. Saat ini sekolah-sekolah dan perguruan tinggi dihimbau untuk meneruskan kegiatan mengajar di rumah. Berkat perkembangan teknologi yang pesat, pembelajaran online sudah menjadi hal yang umum. Akan tetapi, agar dapat menjalankan sistem pengajaran yang maksimum, lembaga pendidikan-pun harus bisa memilih dan membedakan sistem pembelajaran online yang ditawarkan.

Secara umum, ketika mencari sistem pembelajaran online dapat dibagi menjadi 3 kategori; Open Online Course, Online Classroom, dan Learning Management System (LMS) / Sistem Informasi Akademik.

Open Online Course

Open Online Course adalah platform pembelajaran yang berbasis video atau materi interaktif dan animasi yang dapat diakses oleh setiap orang. Berbeda dengan sistem pembelajaran online lainnya, platform ini tidak terintegrasi dengan kurikulum sekolah, materi sudah disiapkan sebelumnya oleh penyedia layanan. Fitur seperti pengajaran tatap muka online, pemberian tugas online, serta absensi online belum tersedia. Platform ini cocok bagi pelajar yang ingin mencari bimbingan belajar online.

Online Classroom

Online Classroom adalah platform pembelajaran yang memungkinkan pengajar untuk membuat area kelas online di mana mereka dapat mengelola semua dokumen yang dibutuhkan siswa. Biasanya platform ini tersedia secara luas dan dapat digunakan kapan saja. Kekurangan dari platform ini yaitu belum mencakup layanan administrasi sekolah seperti absensi, tagihan sekolah, dan lainnya.

Learning Management System (LMS) / Sistem Informasi Akademik

Learning Management System (LMS) / Sistem Informasi Akademik adalah platform pembelajaran terlengkap dibandingkan dengan yang disebutkan di atas dikarenakan tidak hanya penggabungan dari dua platform tersebut, tetapi dapat juga membantu proses administrasi lembaga pendidikan seperti pengelolaan data sekolah, absensi online, akses informasi sekolah, nilai, tagihan biaya sekolah, hingga real-time monitoring untuk orang tua murid terhadap perkembangan pendidikan anak-anaknya. Platform ini cocok untuk Lembaga pendidikan yang ingin memberikan pengalaman belajar online setara dengan kualitas belajar di kelas.

Seperti layanan yang dimiliki oleh SmarteSchool. SmarteSchool adalah aplikasi online yang berfokus pada layanan Learning Management System (LMS) / Sistem Informasi Akademik berbasis web dan aplikasi mobile untuk mendukung sistem pembelajaran sekolah secara digital dimana saja.

Aplikasi SmarteSchool kami sudah memuat banyak manfaat serta kegunaan yang bervariasi bagi seluruh jajaran sekolah, bukan hanya fitur guru dan siswa, tetapi juga fitur untuk sekolah pun kami miliki. Selain itu di Smarteschool ini, mampu mengintegrasikan seluruh Proses Pembelajaran Daring maupun Tatap Muka, Sekolah Tanpa Kertas. Mengintegrasikan Manajemen Perpustakaan dan Materi Pembelajaran dengan sistim Pengawasan kegiatan belajar/Tugas siswa yang effektif serta terdata, dengan Google Meet dan CCTV yang lebih effektif daripada Tatap Muka. Sistim Ujian Berbasis Komputer yang dilengkapi Kecerdasan Buatan untuk mengeffektifkan pendataan kemandirian siswa/pengawasan ditambah sistim Manajemen Nilai sampai fitur Pelaporan yang memudahkan Guru, Manajemen Sekolah, Orang Tua Murid dan Murid memantau data2 Belajar, Ujian serta Kegiatan terkait lainnya.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua!

Hubungi contact person SmarteSchool untuk informasi lebih lanjut!


Bagikan

Awali Kesuksesan Sekolah Anda dengan Smarteschool