Tipe Belajar Berbeda Disetiap Orang

Rabu, 20 Juli 2022

Tipe belajar yang berbeda-beda tergantung pada situasi, perhatian, arah dan minat setiap orang dalam belajar, adanya beberapa teori belajar yang dapat dilakukan oleh beberapa orang. 4 teori yang ditemukan oleh Honey dan Mumford dalam menggolongkan tipe belajar seseorang.

  1. Tipe Aktivis Tipe aktivis merupakan tipe yang jiwa kepemimpinan, dengan memiliki sifat mudah diajak berdiskusi dan akan lebih spontan dalam menyampaikan pendapat. Tipe ini akan lebih mengedepankan segala urusannya dengan berdiskusi.

  2. Tipe Pragmatis Tipe ini merupakan tipe memudahkan segala urusan (praktis), dengan mempraktikan seusatu hal yang dipelajari tetapi kurang menyukai teori. Mereka biasa melakukan praktik setelah materi yang dia dapat.

  3. Tipe Reflektor Tipe ini merupakan tipe yang selalu berfikir lebih untuk mengambil keputusan, selain itu mereka juga membuat perencanaan yang matang di setiap tindakan yang akan mereka ambil di hidupnya. Mereka menyukai cara belajar focus dan tenang di perpustakaan, mengikuti seminar dan ber evaluasi bersama orang lain.

  4. Tipe Teoritis tipe teoritis yang memiliki sifat dan sikap disiplin, rasional, tegas, kritis, dan suka menganalisa. Tentunya tipe belajar teoritis adalah dengan membaca literatur ilmiah.


Bagikan

Awali Kesuksesan Sekolah Anda dengan Smarteschool