Perbedaan Kurikulum Merdeka Di Setiap Tingkat Pendidikan

Jumat, 17 Juni 2022

Perbedaan Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum sebelumnya, Kurikulum ini dapat digunakan pada tingkat TK,SD,SMP,SMA, hingga Perguruan Tinggi, tetapi adanya perbedaan pada kurikulum dalam setiap tingkatnya.

Tingkat SD. Pada kurikulum ini tingkat SD, akan ada perubahan dalam hal mata perlajaran yang akan dipelajari serta dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Perbedaan yang berubah adanya mapel IPA dan IPS digabung menjadi satu (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial), bahasa inggris yang merupakan mapel muatan lokal pada Kurikulum Merdeka hanya sebagai mapel pilihan.

Tingkat SMP Pada SMP perubahan hanya status pada beberapa mapel, seperti mapel teknlogi informatika dan komunikasi (TIK) menjadi mapel wajib. Di kurikulum sebelum nya mapel teknologi informatika hanya sebagai mapel pilihan. Kurikulum Merdeka mewajibkan memiliki mapel informatika.

Tingkat SMA/SMK Kurikulum Merdeka pada tingkat SMA/SMK memungkinkan untuk para siswa tidak akan membeda bedakan peminatan, seperti adanya IPA, IPS, Bahasa. Pada SMK pembelajaran akan dibuat lebih sederhana dengan 70% mapel kejuruan dan 30% pada mapel umum. Di akhir pendidikan siswa/siswi dipaksa untuk dapat menyelesaikan tugas esai ilmiah, sebagai mana yang harus mereka lakukan seperti mahasiswa saat akan lulus. Siswa di uji untuk dapat mengasah cara berfikir kritis, ilmiah dan analitis.

Tingkat Perguruan Tinggi Kurikulum Merdeka pada Perguruan Tinggi terwujud dalam Program Kampus Merdeka. Pada Perguruan Tinggi memiliki perbedaan dalam penerapan kurikulum sebelumnya. Dengan Program Kampus Merdeka, mahasiswa diberi kesempatan dalam mempelajari sesuatu di luar program studi yang sedang ia tempuh. Mahasiswa banyak melakukan praktik kerja (magang), pertukara mahasiswa, penelitian,proyek independen, wirausaha, menjadi asisten dosen pengajar, dan juga melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk dapat membangun desa.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita!

Kunjungi Smarteschool untuk informasi lebih lanjut!

#digitalisasisekolah #smarteschool #merdekabelajar #GDS2022 #gurupenggerakdigital #belajaruntukmengajar #merdekabelajarbersamasmarteschool #sekolahdigital #freedomoflearning #smarteschooluntukdigitalisasi #indonesiakeren #indonesiamajudengansekolahdigital #kemendikbud_ri


Bagikan

Awali Kesuksesan Sekolah Anda dengan Smarteschool