Pengertian, Fungsi Serta Peran Komite Sekolah

Rabu, 20 Juli 2022

Komite Sekolah adalah badan mandiri yang tidak terkait akan sekolah maupun lembaga pemeritahan lainnya, komite sekolah dengan sekolah sama-sama bersifat mandiri, tetapi memiliki mitra hubungan yang dibangun atas kerja sama. Komite sekolah diperkenankan untuk dapat menggalang dana dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di sekolah.

Komite sekolah adalah wadah peran masyarakat dalam rangka peningkatan mutu, penataan dan efisiensi pengelolaan pendidikan satuan pendidik, baik dengan pendidikan pra-sekolah, jalur sekolah, maupun jalur pendidikan luar sekolah, dengan dapat meningkatkan tanggung jawab masyarakat dan berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan di satuan pendidikan.

Peran dan fungsi komite sekolah Pemberi pertimbangan (advisory agency) komite sekolah memiliki peran untuk dapat pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan di satuan pendidikan. Pendukung (supporting agency) komite sekolah sebagai pendukung baik secara finansial, pemikiran maupun tenaga yang diberikan dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidik.

Fungsi komite sekolah Dengan melaksanakan kerjasama bersama masyarakat (perorangan/organisasi/dunia usaha/dunia industry dan pemerintahan. Menampung serta menganalisis aspirasi, ide, tuntutan dan berbagai kebutuhan yang diajukan, serta memberikan masukan atau pertimbangan kepada satuan pendidikan. Dengan mendorong orangtua serta masyarakat dalam partisipasi pendidikan guna mutu dan pemerataan pendidikan, melaksanakan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan, program, penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di satuan pendidik.


Bagikan

Awali Kesuksesan Sekolah Anda dengan Smarteschool