Pendidikan Karakter Didasari Oleh Pendidikan Agama

Jumat, 29 Juli 2022

Anak memiliki dua pendidikan, yang pertama pada keluarga dan sementara yang keda ada di luar rumah salah satunya di sekolah. Pada Undang-undang nomor 20 Tahun 2003, menegaskan bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdasakan kehidupan bangsa. Dengan bertujuan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Pendidikan Indonesia dihadapkan dengan masalah rendahnya moral dan akhlak yang ada pada peserta didik. Keberadaan pendidikan karakter sangat penting, pendidikan sebagai proses timbal balik antara pendidik dan peserta didik dengan melibatkan nilai-nilai tertentu. Istilah dasar-dasar pendidikan yang dimaksudkan merupakan sebagai landasan tempat berpijak dalam suatu sistem pendidikan.

Karakter merupakan cerminan dari kepribadian secara utuh dari seseorang, mentalitas, sikap dan perilaku. Pendidikan agama merupakan pembentukan karakter peserta didik, tujuan pendidikan agama tidak terlepas dari tujuan hidup manusia dalam agama.


Bagikan

Awali Kesuksesan Sekolah Anda dengan Smarteschool