Apa itu Edukasi?

Rabu, 20 Juli 2022

Edukasi merupakan hal penting dalam kelangsungan hidup seseorang, edukasi adalah pengetahuan keterampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Edukasi adalah setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara berfikir, merasa atau bertindak, edukasi dapat kita dapatkan bimbingan orang lain ataupun otodidak maupun belajar sendiri.

Edukasi adalah perihal pendidikan, pendidikan terbagi atas beberapa tahap dimulai sejak kecil sampai dewasa.Edukasi adalah sebuah proses pembelajaran yang dapat dilakukan secara formal maupun non formal dengan tujuan mendidik serta memberikan ilmu pengetahuan, mengembangkan potensi yang dimiliki pada dalam diri setiap manusia.

Pendidikan Formal adalah pendidikan yang terstrukur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Pendidikan nonformal merupakan pendidikan di luar formal yang dapat dilakukan secara terstruktur dan berjenjang. Pendidikan Informal adalah jalur pendidikan yang dimulai dari lingkungan keluarga, pendidikan yang dilakukan dan dibentuk dalam kegiatan belajar mandiri.

Edukasi menurut ahli: • Ahmad D Marimba Edukasi merupakan suatu bimbingan yang secara tidak sadar dilakukan oleh pendidikan, baik dalam perkembangan jasmani maupun rohani agar menjadi lebih baik. • Notoadmojo Edukasi adalah pendidikan yang berarti dapat melakukan suatu upaya yang telah direncanakan oleh seseorang agar dapat mempengaruhi orang lain, baik individu maupun kelompok dan juga masyarakat. • Mubarak dan Chayatin Edukasi merupakan sebuah proses perubahan yang dinamis dimana adanya perubahan tidak hanya dalam segi teori dan prosedur dari satu orang ke orang lain, melaikan dapat terjadi perubahan dalam kelompok atau masyarakat itu sendiri. • MJ.Langeveld Edukasi merupakan upaya manusia dewasa dengan membimbing yang belum dewasa kepada kedewasaan. Edukasi juga menolong manusia dalam melaksanakan tugas hidupnya agar dapat mandiri dan bertanggung jawab. • Driyarkara Edukasi adalah usaha dalam memberikan pegangan kepada manusia dan mengangkat yang muda agar lebih insani dalam mensiasati perkembangan jaman yang cepat berlalu.


Bagikan

Awali Kesuksesan Sekolah Anda dengan Smarteschool