Strategi Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di Tahun 2022

Selasa, 12 Juli 2022

Perangkat pembelajaran yang ada dalam platform yang disediakan pemerintah dapat membantu sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar.

Berbagai platform ini disediakan oleh pemerintah untuk memudahkan para guru dalam merancang materi dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.

Selain itu, juga ada berbagai strategi lain yang dapat digunakan oleh para guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar :

  1. Platform merdeka mengajar.

Pelatihan Kurikulum Merdeka dapat diakses secara mandiri melalui platform merdeka mengajar, termasuk buku teks pelajaran dalam bentuk digital, perangkat ajar dan dokumen terkait Kurikulum Merdeka. Tidak ada diklat atau bimtek berjenjang terkait Kurikulum Merdeka.

  1. Platform merdeka mengajar. akan oleh pusat dan daerah.

Penguatan pemahaman kurikulum merdeka dapat dilakukan dengan mengikuti seri webinar. Informasi mengenai webinar dapat diperoleh dari berbagai kanal informasi dari Kemendikbudristek seperti media sosial, platform merdeka mandiri, grup telegram dan kanal YouTube.

  1. Komunitas belajar di satuan pendidikan, tingkat daerah dan komunitas dalam jaringan.

Komunitas belajar bersifat inklusif atau terbuka untuk seluruh pendidikan, tidak berdasarkan kategori pilihan implementasi kurikulum merdeka secara mandiri.

Komunitas belajar dapat dibentuk bersama dengan sekolah pelaksana program sekolah penggerak atau SMK pusat keunggulan, komunitas belajar guru penggerak atau komunitas belajar lain.

  1. Narasumber berbagai praktik baik.

Narasumber implmentasi kurikulum merdeka yang sudah direkomendasikan oleh pusat dapat dihubungi melalui platform merdek mengajar sebagai salah satu sumber inspirasi.

  1. Kerja sama dengan mitra pembangunan.

UPT Kemendikbudristek akan menginformasikan mitra pembangunan yang bekerja di daerah masing-masing kepada kepala dinas pendidikan provinsi dan kepala dinas pendidikan kabupaten atau kota.

Pelaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka dilakukan secara bertahap dengan menyesuaikan kebutuhan.

Semakin sesuai dengan kebutuhan maka akan semakin mudah dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka.

Pendekatan strategi menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang berfungsi dalam melakukan pelatihan.

Guru ataupun tenaga kependidikan dapat mengadopsi Kurikulum Merdeka dengan melihat strategi yang bisa diterapkan.


Bagikan

Awali Kesuksesan Sekolah Anda dengan Smarteschool