Serajah Hari Pancasila

Jumat, 03 Juni 2022

Hari Pancasila yang diperingati pada tanggal 1 Juni, yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia. Ditetapkan hari lahirnya Pancasila karena di tanggal 1 Juni 1945, Ir.Soekarno menyampaikan pidato dengan mengemukakan konsep awal Pancasila yang akan menjadi dasar negara Indonesia.

Pada saat rapat Ir.Soekarno menyampaikan ide gagasan terkait dasar negara Indonesi yang di beri nama “Pancasila”, Panca mempunyai arti lima, sedangkan sila merupakan prinsip atau asas. Ir.Soekarno sempat menyebutkan sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau perikemanusiaan”, situ ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan Sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang maha Esa”.

Dokuritsu Junbi Cosakal dibentuk sebuah panitia, yang disebut sebagai panitia Sembilan yang berisi Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo. Dengan misi agar dapat menyempurnakan rumusan Pancasila dan membuat Undang-undang Dasar yang berlandaskan kelima sila yang ada.

Setelah beberapa proses persidangan, Pancasila akhirnya dapat disahkan pada Sidang PPKI 18 Agustus 1945. Pada sidang tersebut, disetujui Pancasila dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah.


Bagikan

Awali Kesuksesan Sekolah Anda dengan Smarteschool