Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan dan Merdeka Belajar

Kamis, 14 Juli 2022

Guru Penggerak merupakan suatu program pelatihan, identifikasi atau pembibitan calon pemimpin pendidikan Indonesia di masa depan. Program dibuat untuk mencari agen perubahan di masa depan dengan memberikan dampak besar bagi insitusi pendidikan guna dapat melahirkan generasi penerus unggul di Indonesia.

Program ini sangat dapat diharapkan untuk menjadi sukses agar masa depan untuk pendidikan di Indonesia dapat terjaga, ketika kita ingin mendapatkan kualitas siswa yang baik maka kita juga harus meningkatkan kualitas tenaga kependidikan. Tenaga pendidik atau guru menjadi peran utama dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Dalam program guru penggerak dapat menjadi solusi untuk dapat meningkatkan kemampuan para guru dalam memenuhi konsep Kurikulum Merdeka.

Enam aspek dari profil Pancasila yang harus dimiliki oleh siswa dan guru agar dapat mencapai tujuan Merdeka Belajar, yang menjadi alasan keberadaan program guru penggerak karena pembentuknnya bertujuan untuk memenuhi enam aspek tersebut. Enam aspek Profil Pelajar Pancasila yang dirumuskan Kemendikbud yaitu: 1) Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, 2) Kreatif, 3) Gotong Royong, 4) Berkebinekaan Global, 5) Bernalar Kritis, 6) Mandiri.

Guru baik merupakan guru dengan kinjerja baik tetapi hanya didalam kelas saja, mereka mampu meningkatkan prestasi murid, mengajar dengan kreatif dan inovatif, serta dapat mengembangkan kompetensi dirinya. Sedangkan guru penggerak tidak hanya sebatas sukses dalam mengurus kelas tetapi ia mampu menjadi guru yang baik, dan juga memiliki kemauan dalam memimpin, berinovasi, melakukan perubahan atas dasar mengejar cita untuk mendukung guru menjadi guru penggerak.


Bagikan

Awali Kesuksesan Sekolah Anda dengan Smarteschool