Pendidikan Karakter

Jumat, 11 Februari 2022

Pendidikan Karakter merupakan sebuah tindakan sadar dan terencana untuk mendidik peserta didik membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan. Sistem pendidikan karakter ialah untuk menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat pengetahuan, kesadaran atau kemauan serta tindakan untuk melakukannya.

Nilai-nilai pembentukan karakter seperti:

  1. Kejujuran
  2. Sikap toleransi
  3. Disipilin
  4. Kerja keras
  5. Kreatif
  6. Kemandirian
  7. Peduli sosial
  8. Rasa ingin tahu
  9. Semangat kebangsaan
  10. Religius

Pendidikan Karakter bertujuan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, bergotong royong, berjiwa patriotsme, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila. Karakter dapat dioptimalkan melalui potensi,pengetahuan diri, kesadaran, emosi dan motivasi.

Penguatan pendidikan karakter sangat penting sebagai penyimbangan kecakapan kognitif, dengan diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan sehingga seorang siswa akan menjadi cerdas emosinya. Pendidikan karakter merupakan bekal penting untuk mempersiapkan seorang siswa dalam menyosongsong masa depan untuk mencapai keberhasialan individu.

Pentingnya Pendidikan Karakter menurut Thomas Lickona, yaitu:

  1. Cara paling baik untuk memastikan para murid memiliki kepribadian dan karakter yang baik alam hidupnya
  2. Pendidikan ini dapat membantu meningkatkan prestasi akademik anak didik
  3. Sebagian anak tidak bisa membentuk karakter yang kuat untuk dirinya di tempat lain
  4. Dapat membentuk individu yang menghargai dang menghormati orang lain dan dapat hidup di dalam masyarakat yang majemuk
  5. Sebagai upaya mengatasi akar masalah moral-sosial, seperti ketidakjujuran, ketidaksopanan, kekerasan, etos kerja rendah dan lain-lain
  6. Cara terbaik untuk membentuk perilaku individu sebelum masuk ke dunia kerja atau usaha
  7. Sebagai cara untuk mengajarkan nilai-nilai budaya yang merupakan bagian dari kerja suatu peradaban.

Pendidikan Karakter di sekolah, adalah untuk membentuk pribadi siswa agar menjadi yang lebih baik dan siap untuk bersaing di era global denga cara yang lebih kontekstual. Penguatan pendidikan karakter di sekolah yaitu, nasionalis, religious, mandiri, gotong royong dan integritas.

Smart E School dapat membantu pendidikan karakter, Smart E School merupakan platform yang bisa membimbing siswa untuk disiplin dalam melakukan absensi pembelajaran dan bertanggung jawab mengerjakan tugas yang sudah diberi oleh guru tanpa menggunakan kertas (paperless).

Smart E School dapat mengintergrasikan seluruh proses pembelajaran daring maupun tatap muka, sekolah dengan paperless. Mengintergrasikan manajemen perpustakaan dan materi pembelajaran dengan sistem pengawasan kegiatan belajar/tugas siswa yang efektif serta terdata, dengan Google Meet dan CCTV yang lebih efektif daripada tatap muka. Sistem mengerjakan tugas berbasis computer yang dilengkapi kecerdasan buatan untuk mengefektifkan pendaaan kemandirian siswa/pengawasan ditambah sistem manajemen nilai sampai fitur pelaporan yang memudahkan guru, manajemen sekolah, orang tua murid dan murid memantau data-data belajar, ujian serta kegiatan terkait lainnya. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua!


Bagikan

Awali Kesuksesan Sekolah Anda dengan Smarteschool