Manfaat Pendidikan Bagi Generasi Muda

Kamis, 10 Februari 2022

Pendidikan mempunyai arti sebuah proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan yang akan datang. Semakin kita bertumbuh dan berkembang bisa memiliki kreativitas, pengetahuan yang lebih luas, kepribadian yang baik, menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran mengenai pengetahuan dan keterampilan yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan, setiap manusia berhak mendapatkan dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan, pendidikan dapat diperoleh sejak kecil sampai tua.

Pendidikan formal adalah pendidikan yang dilakukan dengan terstruktur, sedangkan pendidikan non formal merupakan pendidikan yang berada di luar pendidikan formal seperti, lembaga kursus, lembaga pelatihan (Extracurricular), kelompok belajar dan lain-lainnya.

Generasi muda merupakan garda terdepan dalam membangun bangsa sebagai generasi penerus. Generasi sekarang harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang luas, pendidikan sangat penting dalam memajukan negera untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk memajukan negara. Semakin sedikit generasi untuk menjalankan pendidikan maka semakin sedikit generasi memiliki jiwa nasionalisme.

Pendidikan membuka peluang mendapatkan pekerjaan yang bagus, reputasi sosial yang baik dan kesempatan mendapatkan masa depan yang lebih aman, pendidikan juga membantu menjadi pribadi yang mandiri secara finansial dan tidak perlu bergantung dengan orang lain, memahami perbedaan tindakan atau perbuatan yang benar maupun salah, memiliki jiwa rasa tanggung jawab yang tinggi dalam kehidupan sosialisasi. Adanya pengaruh terhadap perekonomian negara,seperti hubungan dagang Internasional dan globalisasi mengharuskan sebuah negara bersaing satu dengan yang lain. Negara dapat mempunyai keunggulan kompetitif secara ekonomi.

Untuk kita dapat berkembang di dunia pendidikan, pendidikan formal yang berada di dalam sekolah. Sekolah dapat menggunakan platform Smart E School untuk memudahkan guru dalam pembelajaran. Smart E School dapat memudahkan dalam absensi siswa, memberikan tugas kepada siswa, melihat tugas yang sudah dikerjakan. Di masa sekarang kita sudah mengurangi kertas, Smart E School bisa menjadi pilihannya.

Smarteschool dapat mengintergrasikan seluruh proses pembelajaran daring maupun tatap muka, sekolah dengan paperless. Mengintergrasikan manajemen perpustakaan dan materi pembelajaran dengan sistem pengawasan kegiatan belajar/tugas siswa yang efektif serta terdata, dengan Google Meet dan CCTV yang lebih efektif daripada tatap muka. Sistem mengerjakan tugas berbasis computer yang dilengkapi kecerdasan buatan untuk mengefektifkan pendaaan kemandirian siswa/pengawasan ditambah sistem manajemen nilai sampai fitur pelaporan yang memudahkan guru, manajemen sekolah, orang tua murid dan murid memantau data-data belajar, ujian serta kegiatan terkait lainnya. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua!


Bagikan

Awali Kesuksesan Sekolah Anda dengan Smarteschool