Latar Belakang Kurikulum Merdeka

Jumat, 10 Juni 2022

Dengan kajian akademik yang berlatar belakang, landasan empiris dan kerangka konseptual yang menunggunakan dalam merumuskan kebijakan kurikulum dan merancang kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka akan terus disempurnakan berdasakan evaluasi serta umpan balik dari berbagai pihak. Sejalannya dengan proses evaluasi serta adanya revisi dan pembaharuan secara berkala, adanya peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan dapat menjadi tantangan utama dalam sebuah pembangunan di pendidikan Indonesia.

Krisis pembelajaran yang telah terjadi memperburuk dengan adanya pandemic covid-19 yang membawa perubahan dalam pendidikan Indonesia. Intensitas pembelajaran mengalami penurunan yang signifikan, baik dalam jumlah hari belajar dalam seminggu maupun rata-rata jumlah jam belajar dalam sehari.

Dalam keterbatasan pembelajaran berbagai strategi yang dilakukan oleh sekolah untuk dapat mendukung guru dan siswa dalam pembelajaran digital agar dapat berjalan relatif baik. Sekolah-sekolah mengakses internet serta perangkat digital yang memadai namun tidak didukung oleh keterampilan digital guru/siswa melalui aplikasi sosial media. Sekolah juga melakukan beberapa jaringan internet dengan memanfaatkan radio/local agar dapat mengakses internet. Dengan menyampaikan tugas ke siswa mereka saling menyampaikan sesame teman sekolah dengan (mouth to mouth).


Bagikan

Awali Kesuksesan Sekolah Anda dengan Smarteschool