Fungsi Platform Merdeka Mengajar

Rabu, 20 Juli 2022

Platform Merdeka Mengajar adalah aplikasi yang dirancang untuk dapat memudahkan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, tidak hanya sekedar aplikasi Platform Merdeka Belajar juga turut dapat membantu guru dalam mengembangkan dirinya secara mandiri.

Agar dapat mengakses platform merdeka mengajar guru diwajubkan untuk dapat melakukan registrasi akun secara mandiri di website belajar.id atau dengan bantuan operator satuan pendidikan di masing-masing sekolah. Platform Merdeka Mengajar memiliki 3 fungsi utama yaitu belajar, mengajar dan berkarya.

3 Fungsi Utama Platform Merdeka Mengajar

  1. Mengajar Platform Merdeka Mengajar dapat digunakan untuk bahan mengajar, para guru dimudahkan dengan perangkat mengajar sesuai dengan asesmen murid dan analisis diagnostic literasi dan numerasi dengan cepat sesuai dengan tahap capaian perkembangan peserta didik.
  2. Belajar Guru dapat memperoleh video pelatihan secara mandiri dan berkualitas, guru juga mendapatkan video inspiratif untuk mengembangkan diri dengan aksess tidak terbatas. Dalam masa pelatihan, guru diberikan topik serta modul latihan untuk dapat dilaksanakan pada implementasi langsung kepada murid.
  3. Berkarya Dengan Platfrom Implementasi dengan dapat membangun portofolio dan memampang hasil karyanya Platform Merdeka Belajar dalam bentuk video,mereka juga saling berbagi untuk mendapatkan feedback.

Cara Mengakses Platform Merdeka Mengajar

  1. Unduh Aplikasi Merdeka Mengajar melalui Google Play Store.

  2. Akses langsung melalui website https://guru.kemdikbud.go.id/.

Selain itu, Platform Merdeka Mengajar juga memiliki menu Komunitas Belajar. Tujuannya sendiri memudahkan para guru untuk saling sharing melalui komunitas, mereka dapat mendaftarkan komunitasnya secara mandiri melalui menu tersebut.


Bagikan

Awali Kesuksesan Sekolah Anda dengan Smarteschool